Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Dengan Gol "Tangan Tuhan" Bisa Menjadi Gol Yang Sah?

Masih ingat Maradona Dengan Gol "Tangan Tuhan"   

Baca juga : 22 Daftar Negara Yang Pernah Menjadi Tuan Rumah Penyelenggara Piala Dunia Sepak Bola FIFA

Maradona (REUTERS/Jean-Paul Pelissier)

Bapak gol tangan Tuhan, sepak bola legendaris asal Argentina, Diego Armando Maradona, menghembuskan nafas terakhir pada rabu malam tanggal 25-11-20, tutup usia 60 tahun. Kepergian Maradona itu memicu timbulnya kembali catatan memori yang pernah diukir oleh mantan pemain Barcelona dan Napoli itu. Salah satunya yang tak terlupakan adalah istilah gol "Tangan Tuhan". 

Gol yang paling aneh itu terjadi saat Argentina berhadapan dengan Inggris pada perempat pinal piala dunia 1986, saat itu masuk menit ke 51 posisi scor 0-0, namun tiba-tiba Maradona membuat kehebohan dunia karena mencetak goal dengan tangannya.

Wasit yang bertugas saat itu, Ali Bennaceur, asal Tunisia, malah membenarkan dan mengesahkan gol dan scor 1-0. Selanjutnya pada menit ke-55 Maradona kembali mencetak gol dan scor 2-0, namun Inggris pun membalasnya dari ketinggalan, scor berakhir 2-1 lewat gol Gary Lineker. 

Berkat gol aneh itu, Argentina pun melaju ke semifinal, sedangkan inggris harus rela kembali kekampug halaman. Dan seusai pertandingan, Diego mengatakan golnya itu yang pertama itu adalah gol "Tangan Tuhan". 

Istilah ini pun menjadi trending kemana-mana, saat itu dan tak lepas dari nama Maradona, bahkan hingga Maradona Meninggal dunia, istilah itu tetap dikenang melekat dalam nama Maradona. 

Anak ke 4 dari 6 bersaudara itu mengatakan bahwa Gol "Tangan Tuhan" itu bukanlah suatu kecurangan. "Saya tidak berpikir itu curang. Mungkin kami memiliki lebih banyak momen seperti di Amerika, Kata Maradona, melansir BBC Sports.

Baca juga: 

10 Daftar Pemain Sepakbola Legendaris dan Sejarah Kehidupan Mereka

 

DREEMSPORT Tito Sitanggang

Posting Komentar untuk "Bagaimana Dengan Gol "Tangan Tuhan" Bisa Menjadi Gol Yang Sah?"